Tips bagi pengendara sebelum melakukan mudik

Autotrek
By -
0

Agar perjalanan menuju kampung halaman yang sudah menjadi tradisi dilakukan setiap tahunnya, aman, nyaman dan dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Sebaiknya persiapkan diri anda dengan baik dan benar sebelum melakukan perjalanan mudik. Berikut beberapa tips bagi pengendara yang perlu diketahui  :

Foto : Dok.gridoto.com

Siapkan Kondisi Fisik


Berkendara dalam jangka waktu yang lama membutuhkan daya tahan dan konsentrasi. Persiapkan juga diri anda untuk perjalanan panjang.


Kekuatan Fisik Pengendara


Ketahanan fisik manusia pasti ada batasannya, jangan pernah memaksakan untuk berkendara jika merasa kelelahan dan merasa tidak sanggup untuk melanjutkan perjalanan.


Pahami Kapasitas Daya Angkut Kendaraan


Jangan melebihi kemampuan daya angkut kendaraan karena akan mempengaruhi gaya berkendara. Kapasitas penumpang dan barang-barang bawaan jangan sampai menyentuh batas maksimal kendaraan. Lebih baik tidak menaruh barang-barang bawaan di atas kendaraan karena akan mempengaruhi aerodinamis kendaraan.


Siapkan Surat-Surat Kelengkapan Kendaraan


STNK, SIM dan surat-surat lainnya yang berhubungan dengan diri anda dan kendaraan.


Siapkan Peralatan P3K dan Obat-Obatan


Untuk keadaan yang tidak terduga, siapkan peralatan P3K dan ketersediaan obat-obatan.


Pahami Rute Perjalanan dan Siapkan Peta Terbaru


Pahami rute perjalanan dan patokan sepanjang perjalanan. Peta konvensional lebih berguna dibandingkan hanya mengandalkan perangkat GPS. Tentukan tempat pemberhentian yang cocok dengan situasi anda.

Foto : Dok.moladin.com

Selalu Kenakan Sabuk Pengaman


Jangan sepelekan perjalanan jarak pendek, tetap gunakan sabuk pengaman.

Foto : gardaoto.com

Fokus Menyetir


Hindari hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi saat berkendara, seperti mengangkat telpon dan makan saat berkendara.

Foto : Dok.hyundai.com

Patuhi Rambu-Rambu Lalu Lintas


Biasanya pengendara yang melakukan mudik, seringkali mengabaikan rambu-rambu lalu lintas yang ada di sepanjang jalan jalur mudik. Agar terhindar dari hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain, sebaiknya tetap mematuhi rambu-rambu lalu lintas.


Jaga jarak Aman


Jarak aman untuk berkendara beririrngan adalah 3 sampai 5 meter. Berada di belakang mobil besar akan menghalangi pandangan, siapkan jarak aman sebelum mulai menyalip jika memungkinkan.


Tekhnik Pengereman yang Baik


Menginjak rem jangan sampai mendadak tetapi lebih baik berurutan begitu juga ketika mengangkat kaki.

Foto : otobursa.com

Persiapkan Tool Kit


Tool kit juga sangat membantu perjalanan anda bila dalam kondisi mogok di jalan. Tool kit berisikan alat-alat pemasangan, seperti dongkrak, kunci roda, lampu senter, obeng dan tang.


Siapkan Uang, Makanan dan Minuman yang Cukup


Jangan berlebihan dan kurang. Uang cash akan lebih baih baik daripada mengandalkan kartu ATM. Begitu pula makanan dan minuman diperlukan cukup ketersedian apabila perjalanan jarak jauh.

 

 

 

  

Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!