Tips persiapan kendaraan saat mudik

Autotrek
By -
0

Ingin mudik lebaran di kampung halaman? Nah, untuk itu persiapkan kondisi kendaraan anda sebelum melakukan perjalanan jauh, agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. Mari simak tips-tips berikut ini yang mungkin bermanfaat buat anda yang ingin mudik.

Foto : Dok.sonora.id

Periksa Kondisi AC


Sebelum menempuh perjalanan mudik kondisi pendingin udara atau AC sangatlah penting buat kenyamanan perjalanan anda. Terkadang cuaca tidak dapat diprediksi yang membuat si pemudik tidak nyaman dalam berkendara. Pastikan kondisi AC dalam keadaan prima. Bersihkan AC dari debu yang menempel dengan menyapu pakai kain lap yang sedikit basah. Disarankan juga untuk mengaplikasikan filter kabin yang berfungsi menahan bakteri dengan cara menyaring udara dari AC sebelum keluar ke seluruh interior.

Foto : Dok.lifepal.co.id

Periksa Mesin Kendaraan


Dalam mempersiapkan kendaraan pribadi sebelum mudik dan perjalanan jauh pastikan kondisi mesin tetap terjaga. Periksa part-part mekanikal yang sudah harus diganti. Perawatan mobil tidak saja dilakukan saat bepergian mudik, tapi juga harus selalu dilakukan pengecekan dan service secara berkala setiap minggu dan sebulan. Apakah ada kebocoran, ketinggian minyak rem dan air, serta ketegangan fan belt. Begitupun air filter atau saringan udara yang kotor dan tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, pastikan seluruh kondisi saringan udara dalam keadaan bersih dan lancar tidak mampet dari kotoran.


Perhatikan Lampu Hazard


Lampu sorot pada mobil sangat penting dalam perjalanan jauh dan bepergian mudik. Terutama ketika anda dalam menempuh perjalanan hingga pada malam hari. Jangan anggap remeh lampu sorot pada kendaraan dimana seringkali terjadinya kecelakaan dalam perjalanan. Faktor keamanan perjalanan terletak pada lampu sorot apalagi berkendara pada saat malam hari. Untuk itu periksalah kondisi cahaya, control unit dan juga casingnya pada lampu kendaraan anda. Jangan nyalakan lampu hazard saat konvoi, hujan deras dan masuk terowongan.


Periksa Ban Kendaraan


Ban merupakan salah satu aksesori kendaraan yang memiliki faktor keselamatan yang tinggi. Periksalah ban kendaraan anda khususnya kembangan dan tapak ban apakah itu masih layak atau tidak layak. Kemudian minimal per 10 kilometer lakukan spooring dan balancing pada kendaraan anda. Hendaknya 1 bulan atau 2 bulan sebelum bepergian mudik lakukan spooring dan balancing tersebut. Kemudian periksa tekanan angin pada ban kendaraan anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan.

Foto : Dok.momobil.id

GPS atau Peta Navigasi


Persiapkan perjalanan anda dengan rute perjalanan, peta atau GPS (Global Positioning Satelite). GPS Navigasi sangat membantu perjalanan anda untuk mengetahui lokasi yang dituju. Tampilan fitur peta yang berupa informasi fasilitas umum yang diperlukan sepanjang perjalanan anda. Selain itu GPS berfungsi bagi pengendara yang belum paham betul kondisi jalan yang akan dilaluinya. Sebab tampilan layar GPS dilengkapi juga ilustrasi untuk setiap persimpangan jalan.

Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!