Jangan salah beli oli motor - LajuPacu

Breaking

Post Top Ad

ads banner

Friday, May 3, 2024

Jangan salah beli oli motor

Merawat kendaraan motor tidak hanya melakukan servis dan ganti oli rutin saja, namun kalian harus memperhatikan banyak hal lainnya.Salah satunya dengan memilih oli motor yang tepat.Karena jika salah memilih oli motor maka akan berdampak fatal untuk mesin kendaraan kalian.

Bagi kamu yang punya sepeda motor pastinya tahu seberapa pentingnya mengganti oli dengan oli motor terbaik di kelasnya. Hal ini dikarenakan oli mesin dan oli gardan berpengaruh penting pada performa motor. 

Menurut keterangan resmi yang diterima, Rabu, Pertamina Lubricants mengatakan oli yang tepat dapat mengoptimalkan performa dan kesehatan mesin kendaraan.


1. Jenis oli

Agar bisa mengetahui oli manakah yang tepat dan sesuai dengan jenis kendaraan yang kamu miliki, kamu bisa memperhatikan kode JASO yang ada pada kemasan oli motor. 

JASO merupakan klasifikasi jenis oli pada mesin motor yang berdasarkan uji pelumasan yang dilakukan oleh Japanese Automotive Standard Organization. 


Foto: Web resmi Shell



· Oli untuk kopling basah adalah oli dengan kode JASO MA diperuntukkan untuk pengguna motor dengan kopling basah, sehingga kampas dan gigi yang ada di plat kopling tidak gampang terselip. Saat ini, spesifikasi JASO MA untuk sepeda motor tipe bebek dan sports terus berinovasi, mulai dari MA, MA1 dan MA2 yang saat ini dipakai hampir semua pelumas terbaru.


2. Tingkat keencerannya

Tips memilih oli mesin motor yang tepat agar sesuai jenisnya adalah tingkat keencerannya. SAE merupakan sebuah standar kekentalan oli yang diciptakan oleh The Society of Automotive Engineering (SAE).


Berikut adalah arti dari setiap kode yang terdapat pada kemasan oli:


· Tingkat keenceran yang rendah

Jika kamu lebih sering menggunakan kendaraan di daerah dengan suhu panas, maka kamu bisa menggunakan oli dengan tingkat keenceran yang rendah. Kamu bisa menggunakan oli dengan kode SAE 15W-40 hingga SAE 20W-40.

Kamu bisa menggunakannya pada kondisi suhu hingga minus 15°C. Oli jenis ini sangat cocok untuk motor yang memiliki umur muda yakni lima tahun ke bawah. Selain itu, oli ini juga cocok untuk motor yang memiliki jarak tempuhnya kurang dari 100.000 km.


· Tingkat keenceran yang tinggi

Jika kamu lebih menggunakan kendaraan di daerah dengan suhu dingin, maka kamu bisa menggunakan oli dengan tingkat keenceran yang tinggi. Oli dengan kode SAE 10W-30 hingga SAE 15W-50 sangat disarankan untuk wilayah dingin.


3. Perhatikan mutu dan spesifikasi

Demi keawetan dan kinerja mesin yang prima, pastikan kamu menggunakan oli mesin yang mempunyai jaminan mutu terbaik dan terpercaya. Selain itu, sesuaikan juga spesifikasi oli mesin dengan tipe mesin motor kamu. Hal ini bisa dengan mudah kamu lakukan karena umumnya produsen oli mesin telah mencantumkan informasi mengenai kegunaan dan spesifikasi oli mesin tersebut di bagian luar wadahnya.


Iif Ahmad Rifai


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here