Idealnya servis motor berapa lama? Simak ini - LajuPacu

Breaking

Post Top Ad

ads banner

Friday, May 3, 2024

Idealnya servis motor berapa lama? Simak ini

Sepeda motor jadi kendaraan ‘merakyat’ lantaran harganya cukup terjangkau. Sepeda motor dinilai sangat fleksibel karena bisa dibawa menyalip di tengah kemacetan yang seringkali terjadi di perkotaan.


Sebagian pengguna motor mungkin belum mengetahui sebaiknya servis motornya berapa bulan sekali. Setiap pengguna motor pastinya perlu melakukan servis motornya secara rutin agar dapat dibawa berkendara dengan baik untuk beraktivitas sehari-hari.


Penggunaan motor terus menerus setiap hari tentu harus dibarengi dengan perawatan tepat, termasuk yang sering menempuh perjalanan jarak jauh. Servis motor secara rutin perlu dilakukan agar motor kemudian bisa selalu dibawa berkendara dengan nyaman dimanapun dan kapanpun. Berikut adalah waktu yang tepat dan tips dalam menentukan waktu untuk melakukan servis motor.


Motorcycle maintenance | Foto: Frasermotorcycles.com.au



1. Setiap 2 atau 3 bulan sekali

Menurut laman Astra Motor, motor yang rutin digunakan untuk aktivitas sehari-hari, harus rutin dibawa ke bengkel untuk dilakukan servis setiap dua atau tiga bulan sekali. Servis rutin ini diperlukan supaya komponen yang ada di dalam motor tetap terawat dan tidak mengalami kerusakan.


2. Perhatikan speedometer


Anda bisa melakukan servis motor dengan berpatokan pada angka speedometer yang ada pada motor Anda. Angka pada speedometer menunjukan sudah berapa jauh jarak yang sudah ditempuh oleh motor Anda. Menurut laman Astra Motor, jarak yang disarankan adalah 2.000 hingga 3.000 kilometer. Jika motor Anda sudah menempuh jarak tempuh tersebut, segeralah bawa ke tempat servis supaya mesin motor terus terawat dan tidak mengalami penurunan performa.


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here