IMI: UU kostumisasi kendaraan adalah solusi bagi kreator

Gaspoll
By -
0

Ikatan Motor Indonesia (IMI) menginisiasi pembahasan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 45 Tahun 2023 tentang Kustomisasi Kendaraan Bermotor di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Pembahasan peraturan tersebut dibuat dalam acara talkshow di Motor Sport Zone IIMS 2024. 

 

Peraturan tersebut menjadi yang pertama di Indonesia dalam bidang modifikasi kendaraan bermotor, guna menciptakan wadah untuk membahas kreativitas dalam modifikasi kendaraan. Talkshow juga sekaligus memastikan kesesuaian dengan regulasi yang berlaku. 


Wakil Ketua Umum IMI Bidang Mobility, Rifat Sungkar, menyampaikan bahwa aturan ini berangkat dari kebutuhan akan pembetulan mobil modifikasi secara legal di Indonesia, serta upaya pelestarian mobil klasik. "Builder Indonesia dengan kreativitasnya berusaha memelihara sejarah mobil di Indonesia, dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 45 Tahun 2023 ini menjadi solusi untuk itu. Diharapkan, aturan ini dapat menjadikan Indonesia sebagai negara produsen, bukan hanya konsumen," tutur Rifat.





Kepala Sub Direktorat Tipe Kendaraan Bermotor Direktorat Sarana Transportasi Jalan, Yusuf Nugroho, menambahkan bahwa banyak produk Indonesia yang laris di luar negeri, namun di dalam negeri dianggap ilegal. "Dengan aturan ini, pemerintah memberikan solusi terbaik untuk polemik tersebut. Indonesia dapat menjadi produsen yang diakui secara global," ujar Yusuf.


Direktur Sarana Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan, Ir. Danto Restyawan, mengajak semua pihak untuk saling mendukung di bidang kustomisasi. "Mari kita bersama-sama saling menyemangati, terutama di bidang kustomisasi ini, agar aturan ini dapat segera diterbitkan dan memberikan dampak positif bagi industri otomotif Indonesia." 


Bertindak sebagai moderator, Komisi Modifikasi IMI, Diggy Rachim, menekankan bahwa talkshow ini menjadi forum penting untuk memperjelas regulasi dan mendorong perkembangan positif dalam dunia kustomisasi kendaraan bermotor di Indonesia.


Dia menambahkan, "Komunitas otomotif memiliki peran yang sangat penting dalam menyumbangkan inovasi dan kreativitas bagi perkembangan industri. Melalui talkshow ini, kami ingin menjembatani dialog antara pihak modifikasi dan regulasi guna menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pengembangan kostumisasi kendaraan."

Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!