Tips berkendara di kala hujan

Autotrek
By -
0

Memasuki akhir tahun diyakini sejak dulu adalah awal dari mulainya musim hujan di Indonesia. Tetapi dibeberapa tahun belakangan ini curah hujan menjadi tidak menentu karena hujan bisa datang tiba-tiba dengan debit air yang juga tidak menentu. Berkendara dengan sebuah mobil bisa jadi banyak orang beranggapan adalah pilihan yang terbaik dilakukan ketika diharuskan berkendara ditengah deras hujan, tetapi berkendara dalam keadaan seperti ini juga perlu diperhatikan kondisi mobil dan pengetahuan pengemudi tentang berkendara di kala hujan.

Foto : Dok.carmudi.co.id

Persiapan kendaraan

Desain sebuah mobil memang dikondisikan untuk melindungi para penumpangnya dari cuaca luar kabin. Tetapi tetap saja piranti-piranti pendukungnya tetap harus dijaga agar tetap nyaman berkendara di kala hujan.

Lampu

Cek kondisi lampu besar pada kondisi yang terbaik, daya sorot masih dalam kondisi normal. Cek juga karet seal karena pada beberapa kasus rumah lampu bahkan dapat dimasuki air hujan dan tergenang di dalam. Hal ini juga berlaku pada lampu foglamp dan lampu sein. Lampu Xenon HID belum tentu aman jika dipakai ketika malam dengan kondisi hujan, cahayanya kurang ampuh untuk melewati derasnya hujan, sehingga jarak pandang menjadi terbatas. Idealnya adalah penggunaan HID dengan 6000 kelvin saja sebab pancaran sinarnya masih bisa menembus rintik hujan.

Wiper

Periksa kondisi wiper karena perannya sangat vital untuk visibilitas pengendara. Perawatan wiper sering terlupakan sampai ia benar-benar dibutuhkan. Fungsinya menyapu air atau kotoran yang ada di kaca depan. Karet yang mengering bisa jadi disebabkan seringnya di jemur terik matahari sehingga fungsinya tidak lagi maksimal. Periksalah kondisi nosel washer apakah tersumbat atau tidak, isi dengan campuran air dan pembersih berbahan khusus seperti shampo karena fungsinya terbilang ampuh untuk membantu menyingkirkan kotoran di kaca depan.

Foto : Dok.nissan.co.id

Kaca film

Kaca film berfungsi untuk mengurangi jumlah panas yang masuk ke dalam mobil. Secara umum kaca film di Indonesia belum ada aturan secara khusus tentang kegelapan yang boleh diterapkan karena itu pemilik mobil sering kali menggunakan kaca film dengan kadar hingga 80%. Hal ini sah-sah saja tetapi tidak untuk kaca depan, jika terlalu gelap tentu akan menghalangi pandangan pengemudi terutama ketika malam dan hujan.

Karet kaca dan pintu

Karet pada kaca dan pintu juga harus dibenahi, karet ini berfungsi menjaga agar air tidak rembes dan masuk ke dalam kabin. Apabila terjadi penurunan kualitas karena robek atau copot dari dudukannya, segeralah ganti dengan yang baru.

Ban

Mengetahui kondisi ban terbilang cukup mudah, pada beberapa merek ban sudah dilengkapi dengan simbol yang menunjukkan usia keausan ban. Biasanya berbentuk tonjolan, jika posisinya sudah sejajar dengan ulir ban lebih baik dilakukan penggantian.

Alat komunikasi

Siapkan alat komunikasi jika disuatu saat terjebak dalam kondisi kendaraan mogok.

Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!