Apa itu Blind Spot Information System?

Autotrek
By -
0

Para pengemudi roda empat kini semakin dimanjakan dengan kehadiran teknologi blind spot atau disebut Blind Spot Information System (BLIS). Teknologi terkini ini dapat memberikan sisi keselamatan pengemudi saat berkendara, dengan teknologi sistem perlindungan yang menjaga pandangan pengemudi disekelilingnya agar dapat terhindar dari tabrakan dengan kendaraan lainnya.  

Foto : Dok.shutterstock.com

Asal Mula Teknologi Blind Spot

BLIS merupakan teknologi peringatan lalu lintas di jalan raya yang pertama kali diciptakan oleh Ford Motor Company. Teknologi BLIS mulai diperkenalkan pada jenis kendaraan sedan premium Volvo S80. Keberadaan teknologi BLIS pada Volvo S80 menghasilkan tanda peringatan yang terlihat ketika kendaraan memasuki area blind spot.

Posisi sensor BLIS pada Volvo S80 berada pada pintu sebelah kiri dan kanan yang seketika kendaraan lain melewati area blind spot yang secara otomatis lampu dan bunyi peringatan akan menyala. Keberhasilan teknologi tersebut membuat Ford Motor Company mulai mengadopsi di sejumlah kendaraan Eropa pada tahun 2009. Dari mulai Ford Fusion 2010, Mercury Milan 2010, Renault Megane 2010 hingga Lincoln MKZ 2010 sudah mengaplikasikan teknologi BLIS.

Di tahun 2011, teknologi BLIS mulai diaplikasikan di beberapa mobil pabrikan asal Jepang, yaitu Mazda 6 dan Grand Touring Mazda CX 9. Sampai saat ini, teknologi BLIS sudah tersedia hampir semua jenis kendaraan, yaitu Mazda 6, Mazda CX 9, Toyota Corolla Altis, Toyota C-HR, Nissan Terra, Mitsubishi Outlander PHEV, Mitsubishi Eclipse Cross, Hyundai Palisade serta kendaraan Honda yang sudah mengadopsi teknologi Honda Sensing.

Foto : Dok.mitsubishi-motors.co.id

Cara Kerja Blind Spot

Teknologi BLIS bekerja mendeteksi kendaraan lain yang masuk ke arah samping mendekati blind spot dari kendaraan anda. Sementara itu zona blind spot akan mendeteksi sensor kendaraan sekitar 30 cm dari kendaraan anda. Kinerja blind spot didukung BLIS dan Cross Traffic Alert untuk memperingatkan pengemudi ketika menghampiri kendaraan anda.

Foto : Dok.otomotifnet.com

Cross Traffic Alert tersebut menggunakan dua sistem blind spot pada titik sensor multi-beam. Hal ini memungkinkan BLIS dapat mendeteksi kendaraan lain yang bergerak sekitar 5 mph dengan kisaran 45 kaki atau memuat ruang parkir 5 mobil baik itu dari sisi kiri atau sisi kanan kendaraan anda. Ketika sebuah kendaraan mendekat akan diberikan peringatan ketiga. Lalu, sebuah lampu indikator akan menyala pada kaca samping luar. 

Selain itu, bunyi peringatan terdengar dan peringatan pesan juga ditampilkan secara jelas pada layar. Sensor juga akan bekerja ketika kendaraan keluar dari sudut ruang parkir dan memberikan pandangan yang lebih luas dengan sudut kemiringan hingga 90 derajat. Kinerja BLIS menggunkan dua titik sensor multi-beam yang serupa dengan Cross Traffic Alert.

Kemudian dikemas pada panel belakang dan dibagian samping, sensor akan mendeteksi ketika kendaraan memasuki area blind spot. Sebuah lampu akan menyala pada kaca samping luar yang memberikan peringatan saat kendaraan akan mendekat.

Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!