Rawat sebelum terlambat

Autotrek
By -
0

Ada pepatah mengatakan bersih itu sehat. Sifat bersih tidak hanya berlaku bagi manusia saja. Namun berlaku juga bagi barang-barang kesayangan. Seperti halnya perangkat hiburan yang ada di dalam kabin mobil, bukan tidak mungkin debu atau kotoran akan hinggap disitu. Kalau debu atau kotoran sudah menumpuk otomatis kinerjanya akan terpengaruh. Fatalnya lagi bisa mengakibatkan kerusakan serius.

Foto : Dok.mobilmo.com

Kalau tak mau hasil kualitas suara audio jelek, sebaiknya dilakukan perawatan rutin. Untuk itulah lakukan perawatan teratur sarana perangkat hiburan anda. Dengan memberikan perawatan yang serius, kenyamanan berkendara akan ditemukan. Mau tahu bagaimana caranya memelihara perangkat hiburan di mobil. Berikut ini kami sajikan tips pemeliharaan perangkat hiburan di kabin mobil.

Foto : Dok.cintamobil.com

HEAD UNIT

Untuk perangkat head unit sebaiknya dilakukan secara periodik baik bagian luar maupun didalamnya. Bagian permukaan, pemeliharaan bisa dilakukan juga membersihkannya debu atau kotoran yang menempel dengan kuas atau kain berkarakter lembut. Untuk diperhatikan karena perangkat ini memiliki banyak tombol pengatur menu yang sifatnya sensitif.

Untuk memelihara bagian jeroannya gunakan media CD cleaner. Dengan menggunakan CD cleaner diyakini segala kotoran yang menempel dapat dihilangkan. Agar aman dari debu upayakan keberadaan head unit dengan menggunakan panel penutup sehingga debu tidak bisa bersarang di dalam.

Foto : Dok.oto.co.id

SUBWOOFER DAN POWER AMPLIFIER

Sedangkan perawatan subwoofer dan power bisa dibilang tidaklah begitu sulit. Perangkat ini cukup dibersihkan bagian permukaan saja dengan menggunakan kain pembersih yang lembut. Faktor utamanya adalah menghilangkan kotoran. Bila chasing permukaan power dan subwoofer bersih, hal ini akan menjamin efek sirkulasi udara menjadi lancar sehingga kualitas suara semakin jernih.

Foto : Dok.lensautama.com

SPEAKER

Hal yang sama juga berlaku buat perangkat speaker, cukup dengan membersihkan kisi-kisinya saja. Namun twitter memerlukan perawatan yang cermat. Apalagi jika posisinya berada dibalik panel pintu, sebaiknya harus dicopot dahulu. Kotoran bisa menjamin kualitas suara berkurang sekaligus menyebabkan berat beban permukaan speaker dan twitter tertutup oleh kotoran debu.

Foto : Dok.shutterstock.com

PROCESSOR DAN KABEL - KABEL

Komponen processor harus juga perlu diperhatikan. Sebaiknya lakukan pemeriksaan pada kabel-kabel penghubung. Kondisi jalan kabel yang tak beraturan bisa menimbulkan kabel processor menjadi longgar. Guna menyikapinya, kabel-kabel konektor yang longgar segera dikencangkan. Selain itu, permukaan processor juga harus dalam keadaan bersih.  

Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!