Pencetus mobil listrik bukan Elon Musk

Gaspoll
By -
0

Jika kamu mengira mobil listrik adalah penemuan terbaru abad ini dan mengira pula bahwa Elon Musk adalah orang pertama yang menciptakan mobil listrik, dapat dipastikan bahwa kamu keliru. Mobil listrik memang mendapatkan pengembangan dan kemajuan besar berkat peran Elon Musk, tetapi beliau bukanlah pencipta pertama mobil listrik. Mobil listrik sudah ada dan menjadi populer sejak abad ke-19 dan awal abad-20. 

Menurut keterangan pada caranddriver.com, konsep mengenai mobil listrik sudah ada sejak abad ke-18 yang dipelopori oleh beberapa ilmuwan dan inventor dari Hungaria, Belanda, dan Amerika Serikat pada saat itu. Mereka mulai berfokus dengan konsep mobil dengan tenaga baterai dan menciptakan beberapa mobil listrik dalam skala kecil. 




Mobil listrik pertama diciptakan untuk anak-anak dan diproduksi oleh Bugatti dan The Little CarCompany. Pada tahun 1832, seorang pria asal Inggris bernama Robert Anderson mengembangkan mobil roda tiga menggunakan baterai listrik. Temuan Anderson dianggap sebagai mobil listrik pertama di dunia. Kemudian pada akhir abad ke-18 di Amerika, seorang ahli kimia bernama William Morrison sukses memulai debut mobil listrik buatannya pada tahun 1890. Mobil listrik buatannya mampu menampung hingga enam orang penumpang dan melaju dengan kecepatan 22 km per jam (kpj). Pada tahun 1898, giliran Ferdinand Porsche yang menciptakan mobil listrik dengan nama P1 pada waktu yang bersamaan juga. Ferdinand menciptakan mobil hybrid pertama di dunia yang yang dapat digerakkan dengan menggunakan listrik dan bensin.


Sumber artikel: Maybank

Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!