Kenali aliran audio SQ, SQL, SPL dan tata cara instalasi

Autotrek
By -
0
Pada saat ini dalam sistem car audio di tanah air, kita mengenal beberapa aliran yang bisa dijadikan rekomendasi dalam mengupgrade kendaraan, yakni SQ, SQL dan SPL. Ketiga aliran tersebut memiliki kelebihan masing-masing dan instalasi sesuai apa yang diinginkan sang pemilik mobil. Setiap instalasi dari semua aliran memiliki keistimewaan dan juga kesulitan tertentu, namun pada dasarnya konsepnya sama, karena semua perangkat car audio didesain untuk menghasilkan frequency audible pada ambang batas pendengaran manusia. Berikut penjelasan dari lajupacu tentang masing-masing aliran tersebut.
Foto : Audiomedia

SQ 

SQ adalah singkatan dari Sound Quality. Aliran Sound Quality sendiri membuat nyaman di kuping dan enak dinikmati. Pada konsep ini fokus pada kejernihan suara, detailnya dapat, tidak ada distorsi dan kualitas suara bas bersih tidak ada yang mengganggu. Untuk mendapatkan hasil yang baik pada aliran SQ, diperlukan mulai dari pengetahuan khusus, tata cara memilih komponen, mematchingkan semua komponen dan membuat semua komponen yang terpecah-pecah menjadi satu kesatuan sistem car audio yang baik. Untuk anda yang tertarik dengan instalasi car audio SQ yang berdasarkan standar internasional, anda dapat membuka website www.emmanet.com. EMMA adalah sebuah badan car audio internasional yang menerapkan standar khusus untuk kompetisi car audio di dunia. 


Foto : Audiomedia

SQL 

SQL atau Sound Quality Loud itu intensitas dari Sound Quality yang ditambah level desibelnya atau dibuat lebih kencang suaranya. Jadi sistem SQL adalah sebuah tatanan audio yang dibuat untuk hasilkan suara keras dan memiliki detail yang baik. SQL lebih mengutamakan kualitas suara, tetapi sistem juga dapat dimainkan secara kencang untuk genre musik lain, seperti Rock, Trance and House dan Heavy Metal. Aliran ini ditujukan kepada penggemar car audio yang menyukai banyak jenis musik. Tata cara instalasi aliran ini, sedikit tricky, karena harus baik di kedua aliran seperti SQ bagus tapi SPL cukup kencang. Tata cara pemasangan SQL harus diterapkan dengan pengetahuan khusus seperti pemilihan subwoofer, pembuatan enclosure, pengetahuan tentang frekuensi dan amplituda serta peredam dan juga kelistrikan akan sangat membantu dalam mencapai hasil yang diinginkan. 


Foto : Audiomedia

SPL 

SPL (Sound Pressure Level) lebih mengutamakan kekuatan suara/bass (bass dB besar), asalkan basnya besar dan bertenaga sudah bisa dikatakan dengan SPL. Aliran SPL, dimana hasil akhir yang diinginkan adalah bacaan desibel (tingkat kekencangan yang diukur pada titik tertentu dalam kendaraan, memakai alat, seperti dB meter atau Pressure Sensor). Untuk instalasi aliran SPL ini, pengetahuan akan kelistrikan, acoustic, pemilihan komponen dan pengetahuan akan enclosure sangat diperlukan. Pada intinya, kerja dan efisiensi maksimal dari kinerja power amplifier, subwoofer, yang berinteraksi dengan cabin/acoustic kendaraan dan enclosure akan membuat suatu sistem car audio khusus SPL yang akan dapat menghasilkan dB tertinggi.
Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!