Beberapa Kei Car di Indonesia

Gaspoll
By -
0
Kei Car adalah istilah yang merujuk pada kendaraan berukuran mungil dan berkapasitas mesin kecil yaitu di bawah 1.000 cc, namun layak dikendarai di jalanan bebas hambatan. 


1. Daihatsu Ceria

Jika di tahun 1980 ada Daihatsu Mira dan Suzuki Kei di Jepang, di Indonesia muncul Daihatsu Ceria pada awal era 2000-an yang disaingi oleh Chevrolet Spark. Secara kekuatan, mesin Daihatsu Ceria yang hanya berkekuatan 850 cc ini, cukup bertenaga. 

Dengan tiga silinder dan tentunya teknologi SOHC (single overhead cylinder), mobil ini memiliki 5 percepatan manual. Tentunya jangan dibandingkan dengan mobil kecil 1.000 cc tapi torsi maksimum mobil ini ada di 3.200 RPM dan sudah dilengkapi dengan pendingin atau AC.


Foto: dokumen milik Daihatsu.co.id


Namun jangan salah, mobil sekecil itu, masih bisa stabil dengan kecepatan mencapai 140 kilometer per jam (tentunya dengan akselerasi yang tidak terlalu besar). Hal tersebut lantaran sistem kaki-kaki yang independen suspensinya, baik di bagian depan maupun belakang. Harga bekas Daihatsu Ceria saat ini berada di kisaran Rp 30 juta.


2. Daewoo Matiz dan Chevrolet Spark

Di Indonesia pernah ada Daewoo Matiz yang dipasarkan bersamaan dengan Chevrolet Spark. Meski keduanya berbeda merk, Daewoo dan Chevrolet, tidak ada beda dari kedua mobil ini. Hal tersebut lantaran Chevrolet di Korea Selatan memproduksi mobil ini dengan nama dagang Chevrolet Spark untuk dijual ke seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia.


Sedangkan di Korea Selatan mobil tersebut dijual dengan merk dagang Daewoo Matiz menggantikan yang sebelumnya, yakni Daewoo Tico yang berhenti produksi pada 1998. Namun baik Chevrolet Spark dan Daewoo Matiz, akhirnya masuk ke Indonesia pada awal 2000.


Foto: Lacakharga.com


Awalnya, mobil ini diproduksi dengan kapasitas mesin 800 cc dan tiga silinder berteknologi SOHC. Tapi kemudian dikembangkan menjadi 1.000 cc dengan kecepatan maksimal bisa mencapai 150 kilometer per jam, naik dari cuma 143 kilometer per jam saat hanya berkapasitas mesin 800 cc.


3. Chery QQ

Sayangnya, terjadi penjiplakan total oleh pabrikan Cina yakni menjadi Cherry QQ dengan kapasitas mesin yang sama yakni 800 cc. Alhasil perjalanan legendaris Chevrolet Spark maupaun Daewoo Matiz tidak sebaik Daihatsu Ceria yang melenggang otentik hingga saat ini.


Foto: id.m.Wikipedia.org



Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!