Pentingnya kesiapan mental dan fisik pengemudi

Gaspoll
By -
0

Kecelakaan berkendara yang tidak diduga sering terjadi akibat lengahnya konsentrasi. Salah satunya yang pernah terjadi di tahun 2012 dimana ada mobil yang terjun dari gedung parkir hingga menewaskan beberapa anggota keluarga pengemudinya yang ada di dalam mobil.

Kemudian baru-baru ini, sebuah mobil jenis MPV (multi-purpose vehicle) yang nyaris terjun bebas dari lantai parkiran BTC, Bintaro Sektor 7, Tangerang Selatan, yang diduga akibat salah injak pedal. Karena itu, kesiapan mental, konsentrasi, serta kestabilan emosi adalah hal yang wajib dimiliki setiap pengemudi.


Foto Instagram


Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan terlalu cemas atau panik saat berkendara juga dapat menjadi salah satu pemicu pengendara pemula salah injak pedal.

“Mobil matik itu gear mundurnya lebih spontan. Jadi ketika salah injak pedal gas mobil sering loncat atau sensitif, dan itu rata-rata tidak dikuasai pengemudi pemula atau wanita,” ucap Sony kepada Kompas.com pada Sabtu (9/9/2023).

Maka Sony sangat menghimbau agar setiap pengendara perlu lebih hati-hati saat berkendara khususnya di parkiran yang tinggi karena bila terjadi kesalahan dampaknya akan lebih fatal daripada berkendara di jalan atau dataran rendah.

Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!