Fitur canggih Head Up Display

Autotrek
By -
0

Head up display atau dikenal sebagai HUD merupakan tampilan display transparan yang menyajikan data tanpa menyulitkan jarang pandang si pengguna mobil itu sendiri. Asal usul nama head up display berasal dari seorang pilot yang dapat melihat segala instrumen informasi dengan posisi kepala yang secara praktis memang diposisikan untuk jarak pandang melihat ke depan.

Tak dapat disangkal bahwa pengembangan teknologi HUD canggih ini bermula dari keperluan sarana penerbangan militer. Perlunya teknologi data informasi dalam mengemudi membuat HUD dapat diaplikasikan untuk segala jenis transportasi khususnya kendaraan roda empat. HUD pada mobil menampilkan beberapa display yang berkaitan dengan informasi data berupa speedometer, tachometer, tampilan sistem navigasi dan night vision.


Foto : Netcarshow

Fitur teknologi HUD boleh dibilang futuristik dengan komponen-komponen yang dirancang sangat mutakhir. Adapun jenis teknologi HUD terdiri dari tiga komponen, yakni proyektor, kombiner dan video generation computer. Sebuah unit proyektor di dalam HUD yang dijalankan pada optik lensa cembung atau cermin cekung dengan menggunakan sinar katoda, cahaya dioda atau kristal cair.

Proses sistem ini sudah dirancang sejak penemuan layar reflector pada tahun 1990-an yang menghasilkan tampilan gambar dengan cahaya sinar secara paralel. Lain halnya kombiner layaknya beam splitter yang bentuknya sebagian permukaan kaca miring yang dipasang untuk pandangan posisi ke arah depan. Proses kinerja dari proyektor yang memantul ke arah tampilan gambar sehingga secara bersamaan dapat melihat pandangan lebih lapang dan cahaya gambar pun tak terbatas.


Foto : Netcarshow

Kombiner sejenis optik yang memiliki lapisan cermin cahaya khusus yang mengarah langsung ke sinar themonochromatic yang seketika masuk ke dalam unit proyektor. Pada desain kombiner juga memiliki permukaan yang melengkung untuk memfokuskan kembali tampilan gambar dari proyektor. Sedangkan komputer video menawarkan interface yang saling berhadapan antara HUD (unit display) dan sistem data yang akan ditampilkan gambar.

Foto : Alibaba

Kemudian menghasilkan tampilan gambar dan simbol-simbol yang akan ditampilkan oleh unit proyeksi. Disamping itu, HUD juga terdapat sistem add on yang mendisplay tampilan gambar ke kaca kombiner yang diposisikan pada kaca depan. Sistem ini menggunakan sumber cahaya yang kuat yang diletakkan di dalam panel instrumen untuk menyinari data melalui layar tambus pandang TFT (Thin Film Transistor).  


Foto : Netcarshow

Cermin khusus untuk mendisplay beberapa informasi mengemudi seperti kecepatan dan tikungan berikutnya, dengan pandangan ke arah kaca depan. Perlu diketahui, desain layar warna HUD pertama kali diperkenalkan oleh General Motor pada tahun 1988. Sejumlah kendaraan yang mengaplikasikan HUD, yakni Chevrolet Corvette, Toyota Crown Majesta, BMW, Audi, Citroen, Saab dan Nissan menawarkan bentuk sistem HUD dengan model yang berbeda.

Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!