Dongkrak audio standar

Autotrek
By -
0

Ketika anda membeli mobil unit baru dari showroom, tentunya sudah dibekali dengan perangkat audio. Bagi sebagian orang, perlengkapan sistem audio standar bawaan dari pabrik dengan menggunakan head unit single DIN dan empat speaker dirasa cukup. Namun, bagi penikmat musik dirasa kurang sehingga perlu di upgrade.

Hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan produk, budget dan yang lebih penting lagi adalah jenis aliran musik kesukaan. Hal utama adalah bagaimana perangkat audio itu dapat di aplikasikan tanpa mengurangi kenyamanan di kabin mobil. Berikut ini tips mendongkrak audio standar yang mungkin bisa anda aplikasikan ke dalam mobil.


Foto : Otoklik

HEAD UNIT

Pastikan head unit sebagai alat pemutar sumber suara, biasanya dilengkapi dengan fitur CD player, MP3 player dan DVD player yang jenisnya bisa single DIN ataupun double DIN. Biasanya pabrik yang bereputasi mencantumkan dengan jelas spesifikasi produknya. Ini akan sangat membantu anda dalam memilih head unit yang baik. Untuk mutu suara pilihlah head unit dengan kemampuan empat kanal suara (dua belakang dan dua depan) minimal 30 watt per kanal, plus fitur RCA output yang kelak akan sangat berguna bila anda ingin menambah crossover atau power amplifier.


Foto : Carmudi

SPEAKER

Alat ini sebagai sarana pendukung dari head unit yang berfungsi memproduksi signal-signal elektrik yang dirubah menjadi gelombang suara. Untuk itu speaker sangat menentukan kualitas sound. Hal ini biasanya orang mengganti tatanan cerobong suara standar dengan penambahan speaker split dan beberapa peranti pendukung. Speaker mid dan tweeter fungsinya untuk memproduksi suara trebel dan vokal serta mempertegas efek stereo.


Foto : Otoklik

SUBWOOFER

Selain menambah komponen speaker split guna mengimbangi kualitas sound hentakan bass yang bulat, perangkat subwoofer bisa diandalkan. Pilihlah jenis subwoofer yang mudah diaplikasikan dalam hal ini dimensinya jangan terlalu besar. Namun peningkatan segi kualitas suara yang dihasilkan.


Foto : Otoklik

POWER AMPLIFIER

Jika anda ingin menikmati lagu dengan dentuman bass yang bulat dan lagi bening, maka perlu dilakukan penambahan satu perangkat lagi, yakni Power Amplifier. Pilihlah power amplifier yang mampu mengirim suara antara 25 - 40 watt per kanal yang masing-masing kanal 4 ohm dengan rentang frekuensi antara 20 Hz - 20 kHz dan THD (Total Harmonic Distortion) kurang dari 0,5 persen. Dengan sistem pengaturan channel (kanal) yakni 2 channel pada speaker depan dan 2 channel untuk subwoofer.

Foto : Carmudi

Faktor lain yang juga perlu diperhatikan adalah kualitas peredam suara. Dan yang terpenting, meski minimalis dalam tampilan, fungsi mobil pun sebagai kendaraan sehari-hari tidak terganggu. 


Penulis: Henrico (Jurnalis Otomotif dan sering menjadi juri pada kompetisi otomotif)





Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!