Truk berkemampuan dahsyat di tol - LajuPacu

Breaking

Post Top Ad

ads banner

Wednesday, August 16, 2023

Truk berkemampuan dahsyat di tol

Saat ini dengan adanya tol jarak jauh dari Sumatera hingga Bali, khususnya bagi masyarakat urban yang tinggal di kota-kota besar Pulau Jawa, mereka akan sering melihat truk-truk bertenaga besar di jalan bebas hambatan. Di tol Cikampek, Jawa Barat hingga Probolinggo, Jawa Timur, masyarakat urban akan sering melihat truk dan bus yang berkecepatan tinggi, tak kalah dengan mobil keluaran baru.

Di Indonesia sendiri, ada tiga merek bus dan truk yang umum ditemui di jalanan, yaitu Scania, Volvo, dan Mercedes. Dan kendaraan besar jenis apa sajakah dari tiga merek itu, yang memiliki tenaga luar biasa? Berikut cuplikan ulasan berdasarkan laman SPBUkita yang dilansir baru-baru ini (foto dan paparan dinukil dari spbukita.com):


1. Mercedes-Benz Actros SLT 

Truk ini adalah produksi perusahaan otomotif terkemuka Mercedes-Benz juga memiliki kendaraan angkutan barang tersbesar dengan kemapuan mesin terkuat. Mesin yang di usung truk ini ini adalah Mercedes OM 314 dengan 6 silinder segaris 460 kiloWatt. Dengan mesin tersebut mampu menghasilkan kekuatan mencapai 630 tenaga kuda. Dan output torsi bisa mencapai 3000 newton-meter.



2. Scania R730

Truk terkuat berikutnya berasal dari perusahaan alat berat Scania asal Swedia. Perusahaan ini memiliki salah satu truk paling bertenaga di dunia saat ini. Scania R730 ini memiliki mesin FH 16,4 liter diesel turbo. Truk ini mampu menghasilkan tenaga hingga 730 HP. Sedangkan Torsinya mencapai 3.500 Newton Meter. Kemampuannya ini bersaing dengan truk FH16 milik Volvo.



3. Volvo FH 16

Truk terkuat dan terbesar selanjutnya adalah Volvo FH 16. Volvo FH 16 sendiri membalut dapur pacunya dengan mesin dengan 6 silinder 16 liter. Di awal produksi, truk ini mampu menghasilkan kekuatan tenaga mencapai 700 HP. Tentu ini menjadikannya salah satu truk paling bertenaga serta memiliki torsi mencapai 3.500 newton-meter.



Nah bagi yang baru mencoba jalan tol lintas kota dan provinsi, jadi jangan heran dengan kemampuan berkecepatan truk-truk jaman sekarang. Karena memang selain telah didukung mesin yang mumpuni, truk-truk tersebut juga berteknologi mesin sangat tinggi.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here