Pilih lembaga pembiayaan tak perlu pusing

Autotrek
By -
0

Foto : serambinews.com

Kebutuhan akan kendaraan roda empat memiliki berbagai banyak manfaat bagi si pembeli. Terlebih banyak nya sejumlah lembaga pembiayaan mobil yang menawarkan cara mudah yang bisa mempengaruhi pertimbangan seseorang sebelum memilih mobil. Kebanyakan orang berpikir bahwa membeli mobil tidak serumit membeli rumah. Tinggal datang ke diler mobil, pilih model yang cocok, bila tidak sanggup bayar tunai pilihan kredit masih bisa ditempuh. berikut beberapa tips saat Anda memutuskan untuk memilih lembaga pembiayaan.

1.     Sesuaikan dengan kemampuan Anda

Hal pertama yang dilakukan sebelum membeli mobil adalah mengetahui jumlah dana yang dimiliki saat ini dan memberi batasan seberapa banyak dana tersebut yang dibelanjakan untuk membeli mobil. Biasanya pihak diler mobil akan meminta Anda berupa “tanda jadi” atau booking fee   

2.     Berhitung

Untuk pembelian mobil secara kredit maka Anda akan diminta membayar uang muka sebesar jumlah tertentu dari harga mobil, sehingga sisa nya yang akan dicicil. Setiap diler mobil biasanya bekerja sama dengan perusahaan leasing untuk menyediakan jasa pembelian mobil secara kredit. Atau bisa juga mengajukan Kredit Pemilikan Mobil (KPM) ke bank. Selain itu perlu diperhitungkan anggaran untuk biaya bahan bakar mobil, perawatan nya dan asuransi.

3.     Pilih lembaga pemilikan mobil

Setelah menentukan mobil yang akan dibeli, Anda bisa memilih lembaga pembiayaan. Pilihlah yang bonafid dengan memperhatikan kredibilitas perusahaan tersebut. Biar tidak menyesal pelajari dulu lembaga yang bersangkutan. Anda jangan mudah dibujuk untuk memilih lembaga tertentu. Pelajari berbagai persyaratan kelengkapan yang harus dipenuhi jika memilih lembaga pembiayaan.

4.     Pelajari Klausal

Sebelum memutuskan lembaga pembiayaan, alangkah bijak nya jika Anda mempelajari klausal perjanjian dari lembaga pembiayaan tersebut. Baca dengan teliti berbagai persyaratan yang berlaku termasuk segala resiko yang akan berlaku jika terjadi persoalan di kemudian hari. Harap teliti dalam membaca klausal perjanjian.

5.     Memenuhi Persyaratan

Ada beberapa kelengkapan persyaratan yang harus dipenuhi seperti fotokopi identitas diri, kartu keluarga, akte nikah (jika sudah menikah), keterangan slip gaji dan surat keterangan bekerja sebagai karyawan, buku tabungan atau rekening koran

6.     Persiapkan Uang Tunai

Walaupun Anda membeli mobil secara kredit, Anda harus tetap menyediakan sejumlah uang tunai karena ada beberapa biaya-biaya yang harus dibayar di muka seperti uang tanda jadi (booking fee), uang muka (down payment), biaya asuransi dan biaya administrasi yang besar nya tergantung jenis mobil yang dipilih.

Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!