Kendaraan listrik belum jadi solusi di Indonesia

Gaspoll
By -
0

Di Indonesia, sumber penghasil energi listrik terbesar berasal dari pembangkit batu bara. Di dalam prosesnya, uap yang digunakan untuk menjalankan turbin pada PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) ini memiliki kandungan senyawa karbon dioksida yang sama seperti yang dihasilkan oleh kendaraan berbahan bakar minyak. 

Jadi jika sumber tenaga listrik yang Indonesia gunakan sebagian besar masih berasal dari PLTU, maka permasalahan polusi udara yang terjadi tidak teratasi, melainkan hanya memindahkan sumber polusi tersebut.

Selain itu, penggunaan baterai pada mobil listrik juga menjadi suatu pertimbangan yang harus diperhatikan dengan benar. Kandungan lithium yang terdapat di dalam baterai mobil listrik memiliki paparan radiasi yang dapat membuat kesehatan manusia atau makhluk hidup lain nya terganggu. 


Ilustrasi: Ali Ramis Bachmid | LinkedIn


Di balik semua kekurangan tersebut, penggunaan mobil listrik juga memberikan kelebihan kelebihan yang menjadi penyelesaian beberapa permasalahan yang dunia alami. Contohnya seperti limbah suku cadang yang berkurang akibat bagian dari mobil listrik yang tidak rumit dan tidak memerlukan pembaharuan rutin. Selain itu, mobil listrik lebih ramah akan polusi suara karena tidak memiliki knalpot sehingga suara yang dihasilkan lebih lirih.

Di negara-negara Eropa, mereka menggunakan energi listrik ramah lingkungan yang berasal pembangkit listrik seperti pembangkit listrik tenaga surya dan juga pembangkit listrik tenaga angin. Dengan sumber energi listrik yang ramah lingkungan juga, dapat mendukung penggunaan kendaraan listrik dan juga menjadi sebuah solusi dalam mengurangi polusi udara yang ada.

Dengan demikian, penggunaan mobil listrik memanglah sebuah solusi dari permasalahan polusi dari penggunaan kendaraan berbahan bakar minyak. Namun dengan catatan bahwa sumber listrik tersebut bukan berasal dari PLTU, melainkan dari pembangkit listrik lain yang ramah lingkungan.


Sumber artikel: Kumparan

Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!