Motor JAWA yang bukan asli Wong Jowo

Gaspoll
By -
0

Lihatlah sepeda motor bergaya Bobber ini. Kesan macho dan klasik membuat kaum Adam pasti terkesima dan ingin memilikinya. Adalah motor JAWA Forty-Two keluaran JAWA Motorcycle Company keluaran terbaru, yang dirilis awal 2023. Kapasitas mesin JAWA Forty-Two ini adalah 300 cc dengan menggunakan tenaga piston tunggal. 


JAWA Forty-Two 300 cc | Foto: Product release of JAWA Motoycycle Company


Berdasarkan rilis produk JAWA Motorcycle Company, motor ini adalah buah tangan para insinyur mesin di pabriknya, terutama yang berasal dari Italia. JAWA Motorcycle Company mengklaim bahwa pabriknya mempekerjakan para insinyur andal dari negara-negara barat piawai otomotif, seperti Italia, Jerman, dan Inggris.  


Namun apakah nama JAWA yang menjadi ikon utama merek produksi mereka itu diambil dari Indonesia? Sayangnya tidak. Berdasarkan sejarah awal pembuatan motor JAWA ini, pembuatnya adalah František Janeček yang berasal dari Bohemia, Republik Czech. Pada Perang Dunia I berkecamuk, sebagai tentara wajib militer, František Janeček turun bertempur khususnya sebagai ahli mekanik dalam pertempuran garis depan Italia. Hal tersebut lantaran Janeček telah lulus sebagai sarjana permesinan dari Berlin College of Engineering.

Di perang itu, Janeček banyak menangani reparasi sepeda motor para prajurit garis depan, terutama dalam hal modifikasi senjata ke dalam motor. Usai melayani negaranya dan kembali sebagai rakyat sipil, Janeček mengembangkan keahlian yang dia dapat selama di medan tempur. Dengan modal yang ada, Janeček membeli sepeda motor buatan Jerman yakni Wanderer produksi Winklhofer & Jaenicke keluaran 1928. 

Oleh Janeček, motor Wanderer itu kemudian dia modifikasi dan akhirnya terciptalah motor pertama kreasinya dengan nama JAWA 500 OHV pada 1929. Nama JAWA diambil oleh Janeček sebagai 'kolaborasi Janeček and Wanderer' dan sejak saat itulah nama tersebut digunakan sebagai hak cipta, hingga menjadi merek dagang saat ini. Jadi, sayang sekali ternyata nama tersebut bukan diambil dari Pulau #Jawa di Indonesia.


Foto: Product release of JAWA Motoycycle Company


Kini, industri JAWA Motorcycle Company terpusat di Maharashtra, India. Beberapa jenis motor JAWA diproduksi dengan model Boobber, Classic, dan Caferacer mengusung teknologi satu dan dua piston. Penjualan motor ini pun semakin meluas, terutama di India, kawasan Eropa, dan Amerika Serikat.

Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!