Atasi polusi udara dengan mobil mesin Hybrid

Autotrek
By -
0

Akhir-akhir ini ibukota Jakarta menempati peringkat ketiga dunia sebagai kota yang kualitas udaranya tidak sehat, atau bisa dibilang tingkat polusi udara sudah sangat mengkhawatirkan. Tingginya tingkat polusi udara, membuat para produsen mobil nasional mengeluarkan model kendaraan listrik dan Hybrid yang ramah lingkungan.

Keberadaan mobil listrik menjadi solusi alternatif untuk menekan debit polusi udara yang tinggi di kota Jakarta. Mobil listrik pun bukan satu-satunya menjadi acuan kendaraan yang ramah lingkungan, ada pula mobil mesin bertenaga Hybrid yang diyakini 90 persen teknologi mesinnya ramah lingkungan  

Foto : Suzuki Indonesia

Jadi pertanyaannya, apa sih sebenarnya mobil mesin Hybrid itu ?

Pada dasarnya, mobil berteknologi Hybrid terbagi 2 jenis mesin pendorong pada mobil yaitu mesin berbahan bakar bensin atau diesel, dan sebuah mesin elektrik yang bisa disebut juga generator. Biasanya mesin utama yang digunakan adalah mesin bensin atau diesel, namun ukurannya relatif kecil dan memiliki tenaga yang lebih kecil dibandingkan mesin mobil normal.

Namun saat mesin bensin atau diesel bergerak dengan putaran mesin yang relatif tinggi saat itu pula mesin elektrik merubah energi dari perputaran mesin yang relatif tinggi menjadi energi listrik dan selanjutnya disimpan di sebuah baterai khusus. Sebagai contoh pergerakan mobil pada jalan yang datar, mesin hybrid memanfaatkan energi gerak yang dihasilkan oleh mesin bensin atau diesel.


Foto : Carra.id

Hal ini terjadi apabila pengemudi melepaskan pedal gas dan menginjak pedal rem, atau biasa disebut Renewable Energie atau energi yang dapat didaur ulang atau dapat digunakan kembali. Apabila energi yang telah tersimpan di baterai sewaktu-waktu diperlukan secara otomatis maka energi yang tersimpan ini langsung disalurkan ke mesin elektrik dan kemudian dari mesin elektrik ini dubah menjadi energi gerak.

Misalnya ketika mobil dalam keadaan menanjak atau ketika mobil ingin mendahului. Mesin Hybrid bisa disebut bergerak spontanitas, misalnya saat melakukan pengereman dan menunggu di persimpangan lampu merah, maka mesin bensin atau diesel secara otomatis akan mati, karena mesin tidak melakukan pembakaran atau kompresi.

Mobil Hybrid tidak memerlukan tempat untuk pengisian baterai seperti telpon genggam, karena baterai akan diisi secara otomatis oleh mesin elektrik. Kedua mesin ini dapat bekerja sama dengan bantuan komputer dan sensor yang telah di program berdasarkan kebutuhan. Maka dari itu mobil Hybrid menjelma menjadi mobil yang ramah lingkungan dan hemat energi.

Sejumlah produsen mobil sudah mengeluarkan deretan mobil teknologi mesin Hybrid di tanah air, seperti Toyota Hybrid tipe Corolla Altis, Innova Zenix, Camry dan Yaris. Ada pula Nissan Kicks Hybrid dan Suzuki keluarkan Hybrid Ertiga, XL7 dan Grand Vitara, Mitsubishi ada Outlander PHEV. Tak kalah yang lain, Wuling pun ikut memproduksi Hybrid Almaz.

Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!